panjang
Tidak menemukan yang anda cari? Silahkan cari di sini

Google

Kamis, 24 Juli 2008

Tips Menghadapi Wawancara Pekerjaan

Tips Menghadapi Wawancara Pekerjaan

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah tidak adanya Persiapan yang matang, atau bahkan tidak siap sama sekali. Sayang bukan, kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan terbang begitu saja hanya karena kita Tidak Mempersiapkan diri.

Nah, persiapan apa sajakah yang perlu dilakukan untuk menghadapi Wawancara Pekerjaan?

1. Menilai Diri Sendiri.

Buatlah daftar prestasi yang pernah kita capai atau lakukan dalam pekerjaan yang sekarang atau pekerjaan sebelumnya. Buatlah daftar tantangan-tantangan yang anda hadapi dalam pekerjaan dan bagaimana anda dapat mengatasinya dengan sukses.

2. Perbaharui resume atau CV anda

CV yang baik tidak hanya secara deskriptif menjabarkan biodata kita, pengalaman kerja namun juga harus menyisipkan daftar prestasi dalam resume anda. Hilangkan informasi yang tidak relevan. Perbaharui terus resume anda walaupun resume yang sebelumnya sudah dapat membuat anda diundang untuk wawancara.

3. Informasi Perusahaan.

Ketahui sebanyak-banyaknya informasi mengenai perusahaan yang mengundang dan pekerjaan yang ditawarkan. Periksa barangkali ada alumni yang bekerja di sana, kita dapat memanfaatkan untuk mendapat informasi.

4. Latihan.

Praktekan di depan kaca atau di hadapan rekan anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan. Perhatikan intonasi, cara berbicara, ekspresi wajah dan bahasa tubuh anda. Karena sesungguhnya wawancara merupakan suatu ketrampilan, dan dimanapun anda berada untuk meningkatkan ketrampilan harus melakukan Latihan. Jangan tanyakan mengenai gaji atau tunjangan.

- Mengapa anda tertarik di bidang ini ?
- Mengapa anda tertarik dengan perusahaan ini ?
- Mengapa anda tertarik dengan posisi yang ditawarkan ?

- Kelemahan anda yang terbesar ?
- Bahwa anda tidak memiliki pengalaman yang sesuai ?
- IPK yang rendah ?
- Tidak adanya pengalaman sebagai Pemimpin ?
- Prestasi yang dapat dibanggakan ?

5. Persiapan Terakhir.

Pelajari budaya perusahaan, untuk menentukan pakaian anda. Pastikan pakaian anda bersih dan diseterika rapih. Lalu cobalah. Terlalu pendek atau terlalu ketat akan membuat anda tidak nyaman dan terganggu. Gunakan asesoris seminimal mungkin.

Ketahui lokasi dengan baik, bila perlu lakukan survey sebelumnya. Usahakan tiba di tempat 10 menit sebelum waktunya. Perhitungkan waktu untuk kemacetan di jalan, tersesat, atau kesulitan parkir. Bawa juga extra resume anda yang terbaru.

Yang terpenting adalah Apa yang dapat anda lakukan untuk perusahaan dan mengapa perusahaan harus menerima anda. Kesempatan wawancara ini merupakan satu kesempatan yang mungkin tidak akan terulang lagi. Jadi, lakukan sebaik-baiknya!

Salam sukses !!